Senin, 21 Agustus 2017

Transportasi Murah Meriah ala Sudan

Transportasi..
Salah satu hal penting yang harus kita tau ketika pergi kemanapun,  terlebih ketika berpergian ke luar negeri.  Yaa,  setidaknya ketika kita tau, kita bisa menjaga dompet kita dari kebocoran, hehe. 

 Tak seperti ketika saya tinggal di Doha,  Qatar yang harus membuat perhitungan dan pertimbangan panjang ketika hati teramat ingin jalan2. Pasalnya  Qatar hanya memiliki taksi (resmi, atau taksi gelap)  sebagai angkutan umum. Bus?? Ada,  cuma saya tak pernah tau di mana halte nya,  dan tak pernah berani, karena pengguna bus itu semua pekerja2 lelaki India (iii serem 😰). Maka itu tak jarang saya harus bersabar menunggu trip yg di sediakan asrama Secara gratis tanpa harus Merogoh kocek. 

Saya merasa sangat beruntung, saat tau bahwa angkutan umum di Sudan cukup beragam dan cukup murah.  Jadi,  pertimbangan seperti di doha itu tak ada lagi lah 😁. Yuk saya kenalkan angkutan umum apa aja yang ada di Sudan. 

REKSYAH. 
Kalau di Indonesia kita sebut angkutan ini dengan sebutan bajaj. Di Sudan namanya Reksyah,  angkutan yang cukup terbilang murah. Untuk jarak dekat (1-6km) harganya sekitar 7 - 15 pound sudan,. Kalau jarak jauh yaa berkisar antara 20-50 pound sudan. Kalau kita pandai nawar, kita bisa dapat harga bagus, sebisa mungkin nawar pake bahasa Sudan yaa, hehe. Walaupun bentuknya sama persis dengan bajaj,  namun warna dan strukturnya sedikit berbeda.  Reksyah di Sudan warnanya hitam,  dihiasi garis2 berwarna kuning tipis dan tanpa pintu. So buat kamu yang mau naik reksyah harus sangat berhati2 yaa. Jangan keluarkan barang2 berharga seperti HP,  krn ga jarang terjadi penjambretan 😱.
MUWASHALAT (BUS) 
Kalau orang Bandung pasti ga asing sama bentuk angkutan umum yg satu ini. Di Bandung biasanya kita sebut elf.  Angkutan umum satu ini juga ga kalah murah dari reksyah.  Harganya hanya berkisar 2-5 pound sudan aja.  Rutenya pun beragam. Nah,  yang unik dari angkutan ini adalah cara kita nyetopnya. Setiap rute memiliki kode berbeda2, tapi semua kode pake tangan dan jari yaa.. Kita harus hafal betul kode2 ini kalau ga mau kita kesasar.  Contohnya jika ingin ke daerah lafa juba,  kita cukup acungkan telunjuk kita dan gerakkan mengarah ke atas. Atau kalau mau ke daerah markaz acungkan telunjuk ke arah bawah.  Ke daerah sinia,  tiga jari kita (jempol telunjuk dan jari tengah)  arahkan ke bawah kemudian gerakkan memutar. Dan kode2 lainnya lagi. Hihi lucu yaa.. 
Bukan cuma itu,  cara turun dari angkutan ini pun cukup unik,  yakni dengan memetik jari kita. Lah,  saya dan teman saya ini kalau petik jari ga ada suaranya,  alhasil kita suka tepuk tangan aja,  dan org se angkot semua ngelirik dan ngetawain gtu.  Wkwkwkk.  


AMJAD
Angkutan umum ini bisa di bilang taksi yaa,  jenisnya mobil carry kecil kapasitas 7orang. Cukup praktis dan murah menurut saya jika kita mau bepergian utk jarak yg cukup jauh.  Apalagi kalau kita pergi beramai2, akan lbih murah lagi. Tapi note yaa jangan naik amjad sendiri,  terlebih kalau kamu perempuan. Soalnya Selain lebih mahal, rentan terjadi tindak kejahatan. Harganya berkisar 40-100pound sudan,  tergantung jarak tempuhnya. 
TAKSI
Untuk angkutan umum yang satu ini, saya justru belum pernah mencobanya.  Dan tak begitu tau berapa kisaran harganya.  Tapi taksi resmi milik negara ini tak jarang berkeliaran di jalan2 raya. 
SEPEDA MOTOR
Lain halnya dengan Qatar, sepeda motor hanya di gunakan untuk para deliver makanan. Di Sudan sepeda motor di gunakan oleh banyak penduduknya sebagai angkutan umu pribadi.  Bahkan beberapa warga negara Indonesia yang menetap disini juga memiliki kendaran beroda dua ini.  Uniknya,  penggunaan sepeda motor di Sudan tak begitu terikat UU lalu lintas yang ketat,  oleh sebab itulah Melihat pengendara sepede motor yang lengkap dengan helm itu adalah hal yg amat sangat langka di sini. 
Itulah kira kira angkutan umum tersebar di seluruh penjuru Sudan. Semoga bisa jadi informasi berguna untuk pembaca semua.. 
Salam dari dalam kelas,  yang ramai menunggu dosen.😁😁

Tidak ada komentar:

Posting Komentar