Rabu, 11 Oktober 2017

How to get the KIIFAL Scholarship

Seharusnya tulisan ini saya posting di awal yaa.. Hehe tapi ga apa2 lah yaah. Berhubung akhir akhir ini banyak yg tanya gimana akhirnya saya bisa pergi belajar ke Sudan dengan beasiswa, so saya cba jawab yaa.

Sebelumnya kenalan dulu yuk..

KIIFAL ITU APA SIH?

KIIFAL itu merupakan singkatan dari Khartoum International Institute for Arabic Language.  Institut ini merupakan salah satu institut yg berdiri di bawah payung organisasi kependidikan dan kebudayaan liga arab (ALESCO). KIIFAL menyediakan 3 jenjang strata pendidikan tinggi (Bachelor,  Master,  dan Doctor)  dan satu program pemantapan bahasa arab (الإعداد اللغوي). Sesuai dengan namanya,  maka program yang di tawarkan di Institut ini tidak beragam, semua jenjang hanya menawarkan Progam Studi Pendidikan B. Arab untuk penutur asing (ARABIC EDUCATION FOR NON NATIVE SPEAKERS). Saya sendiri saat ini tengah mengikuti program magister.



ADA BEASISWANYA??

oh jelas adaaa...
Beasiswa disini memang hanya di peruntukkan untuk program pasca sarjana saja. Jadi yg bachelor mh bayar Sendiri yaa..

Beasiswanya Dari mana???

Karena institut ini ada di bawah payung liga arab, maka beasiswa yg di tawarkan pun bersumber dari liga arab. Beasiswa ini di tujukan untuk Sudani dan non Sudani.
Menurut wawancara saya dgn teman2 sudani, Institut ini memberikan tempat utk 2 orang dr setiap wilayah di Sudan Sebagai penerima beasiswa.
Sedangkan untuk Non Sudani,  dlm hal ini Indonesia, Institut pun memberikan kuota 2 orang setiap tahunnya melalui KBRI setempat (Khartoum) . Namun saat saya menerima LOA pada akhir mei lalu Institut menambah kursi untuk INDONESIA menjadi 5 kursi, dgn alasan membalas hubungan baik antar kedua negara.

(LOA KIIFAL B. ARAB) 
(LOA B. Indo) 


Fasilitas Apa aja sih yang bisa kita nikmatin dari Beasiswa ini?? 

Basically, Beasiswa ini memfasilitasi biaya SPP kuliah kita sampai selesai.  Kalau tidak salah per semester itu $1000 untuk program master. Artinya, awarder beasiswa ini, dibebaskan dari biaya $4000. 

Selanjutnya, ALESCO memberikan para awarder beasiswa ini uang bulanan sebesar $100 yg di berikan dalam bentuk pond Sudan. 

Untuk housing, sejatinya institut ini memiliki student housing yg berada di dalam lingkungan kampus.  Namun saat ini masih dalam tahap renovasi. Jadi dengan sangat terpaksa students harus mencari tempat tinggal di luar, yang biaya sewanya TAK DI TANGGUNG INSTITUT. Tapi menurut informasi yg saya dapatkan dari tukang renovasi housing ini, katanya dalam 3 bulan ke depan housing sudah siap di huni lagi. Yeaay.. 
Nah,  kl housing ini kembali di buka, awarder beasiswa bisa tinggal di housing ini TANPA BIAYA alias GRATIISSS.  

Oia beasiswa tidak termasuk tiket pesawat Jakarta - Khartoum (PP) dan biaya makan sehari2 yaa.  
So, amat di anjurkan bagi awarder beasiswa ini untuk cari sponsor sebanyak2nya, guna mencukupi segala kebutuhan yang tidak tercover oleh beasiswa ini.  

KAPAN YAA PENDAFTARANNYA DI BUKA? 

biasanya Institut mulai membuka proses pendaftaran dan seleksi pada awal bulan mei.  Untuk pastinya bisa pantengin terus postingan FB nya KBRI KHARTOUM . Karena sekali lagi beasiswa ini di berikan lewat KBRI setempat.


PERSYARATANNYA APA AJA? 

Yaa seperti persyaratan mengajukan s2 pada umumnya.. 
1. Mengisi Formulir pendaftaran (nanti di post oleh KBRI) 
2. CV terbaru dalam b. Arab
3. Ijazah Sarjana dari program Bahasa arab dengan grade "amat baik" (jayyid jiddan) sudah di terjemah dalam b. Arab
4. Transkrip nilai terjemah b. Arab
5. Akte terjemah b. Arab
6. SKCK terjemah b. Arab
7. Surat keterangan sehat terjemah b. Arab
8. Motivation letter, yang kita isi dalam formulir
9. Recommendation letter dari 3 Doktor / Prof
10. Sertifikat pendukung

Nah, proses seleksi tidak memakan waktu lama,  teman teman hanya perlu menunggu sekitar 3 minggu, kalau rejeki teman teman akan di hubungi oleh pihak KBRI Khartoum. 

Selanjutnya teman teman hanya perlu mengurus Visa dan tiket keberangkatan.  Jangan lupa pula utk selalu meng update info terbaru dari institut. 
 Terkait pengurusan visa, insha allah akan saya jelaskan pada postingan berikutnya.. 

Salam beasiswa 😁😁😁






1 komentar:

  1. Kak ada kontak wanya gak buat nanya2 tentang beasiilswa kiifal sudan??

    BalasHapus