Kamis, 12 Oktober 2017

Mengurus Visa di Kedutaan Sudan

Di postingan sebelumnya saya bahas,  bahwa ketika teman2 sudah d nyatakan di terima dan mendapatakan LOA dari KIIFAL,  maka teman2 hanya perlu mengurus visa dan pesan tiket.

Sebelumnya, kedutaan Sudan di Jakarta terletak di Jl. Patra Kuningan XIV No. 7 Setia Budi Jakarta Selatan.  Kalau naik busway bisa turun di halte DepKes, trus sambung jalan kaki sekitar 500m.

Hmm.. Pengurusan visa saya dan teman2 awarder beasiswa KIIFAL ni memang drama bangett..
Bagaimana tidak, visa yg kami urus sejak H-40 keberangkatan dan semula di janjikan akan selesai dalam waktu seminggu.  Nyatanya visa baru berada di tangan kami H-4 keberangkatan.. Fiiuuh 😪..
Padahal sebenarnya proses dan persyaratannya tidak begitu rumit, hanya penyampaian informasi soal persyaratan tidak di sampaikan secara gamblang dlm satu waktu. Sehingga tenaga dan waktu saya terkuras hanya untuk bolak balik kedutaan yg kalo tidak salah saya sampai 4x balik. 😱

Saya jelasin yaa,  biar teman2 ga ngalamin kepahitan yg saya alamin.. 😋
Kali pertama saya datang dgn membawa paspor asli,  pas photo 4lembar, ijazah terjemah, transkrip terjemah, LOA,  dan uang $65. Saat itu saya bertemu resepsionis yg langsung menyerahkan urusan pada bagian pengurus visa.  Setelah memeriksa kelengkapan berkas,  Bapak pengurus visa ini bilang berkas belum bisa di urus, krn konsuler minta surat keterangan dr KBRI KHARTOUM di tujukan utk KEDUBES SUDAN JAKARTA yg menyatakan kl kami di terima di KIIFAL. Padahal LOA dr KIIFAL saat itu sudah kami lampirkan. Ok,  pulanglah.. Smbil hub pihak terkait..

Kali kedua, saya datang bersama tiga teman saya awarder beasiswa KIIFAL, kami bawa serta apa yg diminta konsuler hari itu,  bahkan kami di minta sertai surat sehat dr puskesmas terdekat. Dan kami pun sudah melakukan wawancara dengan konsuler.  Tapi,  lagi2 berkas kami mereka tunda utk di urus krn katanya kami harus medical check up di medical center yg sudah punya kerjasama dgn kedutaan.. 😑😑 Namanya Insani Medical Center yg terletak di Jl Raya Jend Basuki Rachmat 18, Cipinang Muara, Jatinegara Jaktim. Dan itu menghabiskan sekitar 350ribu utk check kesehatan lengkap.
Ok,  kami menurut. Keesokan hari setelah surat sehat keluar salah seorang teman saya pun kembali ke kedutaan utk melengkapi berkas dan pembayaran yg ternyata hanya $56 . Teman saya pun di janjikan bahwa paling telat 2minggu visa sudah bisa di ambil.

Ketiga kali, sambil agak geram saya kembali pergi ke kedutaan.  Geram karena sudah hampir 2minggu yang dijanjikan, pihak kedutaan belum jg memberikan kepastian kpan visa bisa kita ambil. Setiap kali di hub via wa selalunya mereka jawab,  "nanti kita kabarin yaa mba,  kl uda selesai". Hmm padahal saat itu sudah H-7 keberangkatan dan tiket ke Khartoum sudaah kami booked. Saat itu,  ditemani sahabat saya, saya bertemu resepsionis, dan dia bilang bapak pengurus visa sdg tdak di tempat, tunggu saja,  katanya. Duduk menunggu hampir satu jam sambil berbincang dgn sahabat saya ini, dan tak kunjung ada kejelasan. Akhirnya saya putuskan utk pulang dan kembali esok hari setelah saya berdiskusi sedikit dgn konsuler yg secara tidak sengaja saya temui.
Ok..

Keesokan harinya salah seorang teman saya akhirnya di hubungi utk mendatangi kedutaan krn visa sudah selesai. Ok, kembalilah kita ke kedutaan dgn hati senang,  finally. Tapi sampai sana, kita di buat menunggu lagi hingga hampir 5jam sampai akhirnya visa benar2 berpindah ke tangan kita.. Fiiuuh..
Waduh..curhat yaak 😁😁
Gpp lah yaa..

Naah.. Berikut saya rangkum apa saja yg harus di lengkapi dan di bawa saat mengurus visa di kedutaan Sudan,  biar teman2 tidak bolak balik seperti saya.

1. Ijazah terjemah (arab/ing) yg sudah di legalisasi kemenkum dan kemenlu

2. Transkrip Nilai terjemah (arab/ing) yg sudah di legalisasi kemenkum dan kemenlu

3. 6lembar pas photo ukuran 4x6

4. Surat keterangan sehat yang di keluarkan oleh INSANI MEDICAL CENTER JAKARTA

5. surat keterangan lulus dari universitas di Sudan (LOA) dan surat keterangan dari KBRI khartoum  (fto sudah saya upload pada postingan lalu)

6. Uang sebesar $56 (harus dalam bentuk usd)  untuk pembelian visa

7. Mengisi formulir pembelian visa yg di keluarkan oleh kedutaan Sudan



Jangan lupa untuk rajin rajin menghubungi pihak kedutaan,  agar semakin di permudah urusannya.
😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar