Senin, 30 Desember 2019

CONTOH TERJEMAH RESUME THESIS ( ARAB - INDO)



بسم الله الرحمن الرحيم

 
جامعة الدول العربية
المنظمة العربية للتربية والثقافة والعلوم
معهد الخرطوم الدولي للغة العربية
                                                                          
استخدام الطريقة التواصلية في تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها
                    بحث تكملي لنيل درجة الماجستير في تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها

إعداد الطالبة:
ستي بدرية أنديني
إشراف الدكتور:
د. تماضر  حمزة  محمد فضل

الخرطوم
2019م/ 1440 ه

المستخلص
جاء هذا البحث تحت عنوان استخدام الطريقة التواصلية في تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها.
واشتمل هذا البحث على خمسة فصول، واتبعت الباحثة المنهج الوصفي التحليلي، واختارت الباحثة عينة الدراسة من معلمي اللغة العربية للناطقين بغيرها بجامعة قطر، كما اعتمدت الباحثة على الاستبانة أداة لجمع البيانات.
ومن أهم النتائج التي توصلت إليها الباحثة، ما يلي :
1.   إن الطريقة التواصلية تتيح الفرصة للطلاب الناطقين بغير العربية لاكتساب اللغة العربية وتوظيفها في مواقف شبيهة بواقع الحياة.
2.    الطريقة التواصلية ذات أهمية قصوى في تعليم اللغة العربية وقواعدها، إذ أن هذه الطريقة تساعد الطلاب على استخدام قواعد اللغة العربية استخداما وظيفيا، وتسهم في تحقيق التواصل الجيد والملائم للسياق اللغوي.
3.   إن توظيف مبادئ الطريقة التواصلية عند تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها يسهم في تحقيق الاتصال ونجاح العملية التعليمية.
4.   اعتماد الطريقة التواصلية على التعلم التعاوني في شكل مجموعات صغيرة (دائرية) عند تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها يؤدي إلى الفهم الحقيقي لدى الطلاب للغة العربية والاستعمال السليم لها مع مراعاة الفروق الفردية بين الطلاب. ومع ذلك يزيد التعلم التعاوني روح المنافسة بين الطلاب.
5.   تنوع الأنشطة في الطريقة التواصلية وتوظيفها في تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها كالمناقشة والمناظرة والندوات والمحاضرات الثقافية يسهم في تحقيق الاتصال بين الطلاب ويساعدهم على فهم موضوع الدرس وكذلك يعزز التعلم النشط.

ABSTRAK
            Tesis ini berjudul “Penggunaan Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Penutur Non Arab” .
            Tesis ini terdiri dari 5 (lima) bab, penulis menggunakan pendekatan analitik deskriptif, sampel yang dipilih oleh penulis adalah para pengajar Bahasa Arab bagi penutur Non Arab di Universitas Qatar, dan penulis menggunakan angket sebagai instrument untuk mengumpulkan data.
            Beberapa kesimpulan yang didapat oleh penulis adalah sebagai berikut:
1.      Metode Komunikatif memberikan peluang kepada para pembelajar non Arab untuk memperoleh Bahasa Arab serta menerapkannya dalam kondisi yang mirip dengan kehidupan nyata.
2.      Metode Komunikatif memiliki urgensi penting dalam pembelajaran Bahasa Arab dan gramatikalnya, karena metode ini memfasilitasi para pembelajar untuk mengaplikasikan gramatikal Bahasa Arab secara fungsional, juga berperan dalam mewujudkan  komunikasi yang baik dan sesuai dengan konteks kebahasaan.
3.      Penerapan prinsip – prinsip Metode Komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Arab berperan dalam mewujudkan komunikasi dan keberhasilan kegiatan belajar mengajar.
4.      Bergantungnya Metode Komunikatif pada strategi Cooperative Learning dalam bentuk pengelompokan kecil pada pembelajaran Bahasa Arab mendorong siswa pada pemahaman sesungguhnya terhadap Bahasa Arab dan penggunaannya yang baik dan benar dengan memperhatikan perbedaan individu para pembelajar. Cooperative Learning juga mampu membangkitkan ruh kompetisi antar pembelajar.
5.      Kegiatan yang variatif dalam Metode Komunikatif dan pengaplikasiannya pada pembelajaran Bahasa Arab bagi penutur Non Arab seperti diskusi, debat seminar, dan kuliah budaya mendorong terwujudnya komunikasi antar pembelajar dan menunjang pemahaman  para pembelajar terhadap materi ajar juga meningkatkan pembelajaran yang aktif.


النتائج والتوصيات والمقترحات
أولا : النتائج
وبعد إجراء الدراسة ومناقشة آراء المفحوصين توصلت الباحثة إلى عدد من النتائج تتمثل في :
من أهم النتائج التي توصلت إليها الباحثة ما يلي :
1.   تتميز الطريقة التواصلية عن بقية الطرائق في أنها تتيح الفرصة للطلاب الناطقين بغير العربية لاكتساب اللغة العربية وتوظيفها في مواقف شبيهة بواقع الحياة.
2.   الطريقة التواصلية ذات أهمية قصوى في تعليم اللغة العربية وقواعدها، إذ إن هذه الطريقة تساعد الطلاب على استخدام قواعد اللغة العربية استخداما وظيفيا، وتسهم في تحقيق التواصل الجيد والملائم للسياق اللغوي.
3.   إن توظيف مبادئ الطريقة التواصلية عند تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها يسهم في تحقيق الاتصال ونجاح العملية التعليمية.
4.   اعتماد الطريقة التواصلية على التعلم التعاوني في شكل مجموعات صغيرة (دائرية) عند تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها يؤدي إلى الفهم الحقيقي لدى الطلاب للغة العربية والاستعمال السليم لها مع مراعاة الفروق الفردية بين الطلاب. ومع ذلك يزيد التعلم التعاوني روح المنافسة بين الطلاب.
5.    تنوع الأنشطة في الطريقة التواصلية وتوظيفها في تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها كالمناقشة والمناظرة والندوات والمحاضرات الثقافية يسهم في تحقيق الاتصال بين الطلاب ويساعدهم على فهم موضوع الدرس وكذلك يعزز التعلم النشط.
6.   توظيف الألعاب اللغوية عند تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها تساعد الطلاب على تعلم مهارات اللغة والتخفيف من رتابة الدرس.
7.   أداء الرحلات في تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها يزيد خبرات الطلاب التربوية والاجتماعية واللغوية في نفس الوقت.

ثانيا : التوصيات:
وبناء على تلك النتائج توصي الباحثة ما يلي :
1- الاهتمام بالجوانب التطبيقية في المادة التعليمية أكثر من الجوانب النظرية.
2- اختيار المعلم الطريقة المناسبة في تعليم اللغة العربية وخاصة للناطقين بغيرها.
3- مراعاة المعلم الفروق الفردية لدى الطلاب.
4- توفير  مدارس أو  جامعات أو مراكز تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها مرافق يحتاج إليها المعلم لتوظيف الأنشطة الصفية.
5- تقليل عدد الطلاب في فصول تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها بما يتناسب مع أداء المعلم لعمله بإحكام.
6- تبصير المعلم بالاتجاهات الحديثة في تعليم اللغة العربية خاصة للناطقين بغيرها  بحيث يستفيد منها في تنمية كفاءة المعلم في تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها.
7- أداء الورشات التعليمية وتأهيل المعلمين حتى يصل معلمي اللغة العربية للناطقين بغيرها إلى مستوى قريب من الناطقين.




ثالثا : المقترحات
وبناء على ما جاء في نتائج الدراسة تقترح الباحثة ما يلي :
1- ضرورة الأخذ بالاتجاهات الحديثة نحو طرق تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها
2- استخدام الطريقة التواصلية في تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها مع مراعاة مبادئها في توظيف هذه الطريقة لتحقيق التواصل.
3- الاهتمام بمستويات الطلاب اللغوية وإتاحة لهم الفرصة لاكتساب اللغة العربية وتعلمها.
4- خلق البيئة اللغوية داخل الصف لتمكن الطلاب من وتوظيف اللغة العربية في موافق شبيهة بواقع الحياة.
5- تفعيل الوسائل التعليمية السمعية البصرية لترقية مهارت الطلاب اللغوية.
6- تنويع الأنشطة داخل الصف وخارجه لدعم مشاركة الطلاب الفاعلة في تعلم اللغة العربية بوصفها لغة ثانية.
7- توظيف استراتيجية التعلم التعاوني لتحقيق التواصل الجيد والملائم للسياق اللغوي.










KESIMPULAN, REKOMENDASI DAN SARAN
Kesimpulan
Setelah melakukan penelitian dan memperhatikan pendapat para responden, maka penulis sampai pada sejumlah kesimpulan yaitu :
1.      Metode Komunikatif dibedakan dengan metode – metode lain dalam hal pemberian peluang kepada para pembelajar non Arab untuk memperoleh Bahasa Arab serta menerapkannya dalam kondisi yang mirip dengan kehidupan nyata.
2.      Metode Komunikatif memiliki urgensi penting dalam pembelajaran Bahasa Arab dan gramatikalnya, karena metode ini memfasilitasi para pembelajar untuk mengaplikasikan gramatikal Bahasa Arab secara fungsional, juga berperan dalam mewujudkan  komunikasi yang baik dan sesuai dengan konteks kebahasaan.
3.      Penerapan prinsip – prinsip Metode Komunikatif pada pembelajaran Bahasa Arab bagi Penutur Non Arab mendorong terwujudnya komunikasi dan keberhasilan kegiatan belajar mengajar.
4.      Bergantungnya Metode Komunikatif pada strategi Cooperative Learning dalam bentuk pengelompokan kecil pada pembelajaran Bahasa Arab mendorong siswa pada pemahaman sesungguhnya terhadap Bahasa Arab dan penggunaannya yang baik dan benar dengan memperhatikan perbedaan individu para pembelajar. Cooperative Learning juga mampu membangkitkan ruh kompetisi antar pembelajar.
5.      Kegiatan yang variatif dalam Metode Komunikatif dan pengaplikasiannya pada pembelajaran Bahasa Arab bagi penutur Non Arab seperti diskusi, debat seminar, dan kuliah budaya mendorong terwujudnya komunikasi antar pembelajar dan menunjang pemahaman  para pembelajar terhadap materi ajar juga meningkatkan pembelajaran yang aktif.
6.      Penerapan permainan kebahasaan dalam pembelajaran Bahasa Arab bagi penutur Non Arab membantu siswa dalam mempelajari kemahiran bahasa dan mengatasi pembelajaran yang monoton.
7.      Pelaksanaan wisata dalam pembelajaran Bahasa Arab bagi penutur Non Arab menambah pengalaman edukasi, pengalaman sosial dan kebahasaan para pembelajar.

Rekomendasi
Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka penulis merekomendasikan hal – hal berikut:
1.      Bahan Ajar lebih menitikberatkan pada aspek – aspek fungsional daripada aspek – aspek teoritis.
2.      Pengajar memlih metode yang cocok dalam pembelajaran Bahasa Arab khususnya bagi para penutur Non Arab.
3.      Pengajar memperhatikan pebedaan individu antar pembelajar.
4.      Sekolah – sekolah, perguruan tinggi, atau pusat pembelajaran Bahasa Arab bagi penutur Non Arab menyediakan fasilitas yang dibutuhkan para pembelajar untuk kegiatan dalam kelas.
5.      Membatasi jumlah pembelajar dalam kelas – kelas pembelajaran Bahasa Arab bagi penutur Non Arab agar memungkinkan pengajar mentransfer ilmunya dengan baik.
6.      Memberikan pencerahan kepada pengajar tentang aliran – aliran modern dalam pembelajaran Bahasa Arab khususnya bagi penutur Non Arab, agar mengambil manfaat dari aliran – aliran tersebut untuk meningkatkan kemampuan pengajar dalam pembelajaran Bahasa Arab bagi penutur Non Arab.
7.      Mengadakan lokakarya pendidikan dan sertifikasi guru sehingga para pengajar Bahasa Arab bagi penutur Non Arab memiliki kemampuan bahasa yang mendekati penutur asli. 








Saran
Berdasarkan apa yang penulis paparkan dalam kesimpulan, penulis menyarankan  para pengajar  hal – hal berikut:
1.      Urgensi menggunakan aliran – aliran kontemporer dalam metode pengajaran Bahasa Arab bagi Penutur Non Arab
2.      Menggunakan  Metode Komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Arab bagi penutur Non Arab dengan menaati prinsip – prinsipnya dalam penerapan metode ini guna mewujudkan komunikasi.
3.      Memperhatikan level kebahasaan para pembelajar dan memberikan mereka peluang untuk memperoleh Bahasa Arab serta mempelajarinya.
4.      Menciptakan lingkungan bahasa dalam kelas agar memungkinkan para pembelajar untuk mengaplikasikan Bahasa Arab pada situasi yang mirip dengan kehidupan nyata.
5.      Menggunakan media pembelajaran audio visual guna meningkatkan kemahiran berbahasa para pembelajar.
6.      Memvariasikan kegiatan belajar mengajar baik di dalam dan luar kelas guna mendorong partisipasi aktif para pembelajar dalam pembelajaran Bahasa Arab sebagai bahasa kedua.
7.      Menerapkan strategi Cooperative Learning guna mewujudkan komunikasi yang baik dan sesuai dengan konteks kebahasaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar