Senin, 30 Desember 2019

CONTOH TERJEMAH RESUME SKRIPSI (ARAB - INDO)


Description: Jamiah al Qur'anبسم الله الرحمن الرحيم

جمهورية السودان
جامعة القرآن الكريم والعلوم الإسلامية
كلية اللغة العربية
قسم: عام






بحث تكميلي مقدم لنيل درجة البكلاريوس
عنوان البحث: العدد وأحكامه


 

 

 

إعداد الطالب:                                 إشراف:    

محمد الإندونيسي        أ. د. خوجلي بشير محمد

 





أمدرمان،
1437 هــ - 2016 م









Description: Jamiah al Qur'an
 


REPUBLIK SUDAN
UNIVERSITAS ALQUR’AN ALKARIIM DAN
ILMU KEISLAMAN
FAKULTAS BAHASA ARAB




‘ADAD (BILANGAN) DAN
HUKUM - HUKUMNYA




Skripsi Diajukan Untuk Memperoleh Gelar Bachelor

 

 

Disusun Oleh:
Muhammad 


Pembimbing:
Prof.Dr.Chaujali Basheer Mohammed

 

Omdurman
2016 M / 1437H

 



مستخلص البحث

جاء هذا البحث تحت عنوان "العدد وأحكامه"، ولقد اختار الباحث هذا العنوان لأنه يعتبر واحد من الأبواب المهمة في الدراسة النحوية. ولاحظ الباحث ضرورة مثل هذه الدراسة النحوية بالنسبة للمتعلمين الأجانب الذين يقرؤون القرآن الكريم قراءة صحيحة لكنهم يشعرون بالصعوبة الكامنة في فهم معاني آياته خاصة الآيات التي تتضمن فيها العدد. وذالك لقلة فهمهم للعدد  وأقسامه المتعددة.
يتكون هذا البحث من أربعة فصول، واتبع الباحث المنهج الوصفي. ومن أهم النتائج التي توصل إليها الباحث، هي:
1.               يتميز قارئو القرآن الكريم الناطقون بغير العربية عن غيرهم عند تعلمهم اللغة العربية حيث أنهم قد تعودوا وتحسنوا في قراءة كثير من التعبيرات القرآنية ولاسيما من ألفاظ العدد التي من شأنها تساعدهم في تعلم اللغة العربية عامة وتعلم العدد خاصة إذا وظفت تلك الألفاظ توظيفا صحيحا.
2.   يحتوي القرآن الكريم على التعبيرات العددية و ألفاظ العدد كافية ويمكن استفادتها في التدريبات والأمثلة لتدريس العدد على أنماطه المختلفة.
3.   تدريس العدد من خلال القرآن الكريم أسهل طريقة لفهم أحكام العدد بالنسبة للناطقين بغير العربية القادرين في قراءة القرآن قراءة صحيحة وسليمة.
4.   تدريس اللغة العربية من خلال القرآن الكريم يعتبر واحد من الوسائل الفعالة لفهم معاني القرآن الكريم فهما صحيحا وسليما.

ABSTRAK

Skripsi ini berjudul “ ‘Adad (Bilangan) Dan Hukum – Hukumnya” , penulis memilih judul ini karena Adad (Bilangan) merupakan salah satu pembahasan penting dalam kajian Nahwu (sintaksis). Penulis juga menilai bahwa pembahasan ini memiliki urgensi penting bagi pembelajar bahasa Arab dari Penutur Asing yang membaca Al-Qur’an Al-Kariim dengan bacaan yang benar namun mereka merasa kesulitan untuk memahami makna – makna ayat, khususnya ayat – ayat yang mengandung unsur Adad (Bilangan). Hal ini disebabkan oleh minimnya pemahaman para pembelajar tersebut terhadap pembahasan Adad (Bilangan) beserta pembagiannya yang beragam.
Skripsi ini terdiri dari 4 (empat) bab. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif.
Beberapa kesimpulan yang didapat oleh penulis adalah sebagai berikut:
1.      Para pembaca Al-Qur’an Al-Kariim dari penutur Non Arab akan mudah dalam mempelajari bahasa Arab dibandingkan  dengan yang tidak membaca Al-Qur’an Al – Kariim, karena mereka sudah terbiasa dengan ungkapan – ungkapan dalam Al-Qur’an Al-Kariim, khususnya yang mengandung lafadz – lafadz Adad (Bilangan). Hal ini sangat membantu mereka dalam mempelajari bahasa Arab secara umum dan pembahasan Adad (Bilangan) khususnya jika mereka mengaplikasikan lafadz – lafadz tersebut dengan benar.
2.      Al- Qur’an Al Kariim mengandung banyak ungkapan dan lafadz – lafadz Adad (Bilangan) yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan latihan dan contoh – contoh dalam mengajarkan materi Adad (Bilangan) beserta pola – polanya yang beragam.
3.      Mengajarkan Adad (Bilangan) dengan menggunakan contoh dari Al-Qur’an Al-Kariim merupakan metode termudah bagi pembelajar bahasa Arab dari penutur asing yang mampu membaca Al-Qur’an Al-Kariim dengan bacaan yang baik dan benar.
4.      Pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan Al-Qur’an Al-Kariim merupakan salah satu media yang efektif agar memahami makna Al-Qur’an Al-Kariim secara baik dan benar.









الخاتمة
الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين، وبعد.
أ‌.      النتائج
ففي نهاية المطاف يطيب للباحث أن يذكر أهم النتائج التي توصل إليها من خلال هذا البحث:
1-   يتميز قارئون القرآن الناطقون بغير العربية عن غيرهم عند تعلمهم اللغة العربية حيث أنهم قد تعودوا وتحسنوا في قراءة كثير من التعبيرات القرآنية ولاسيما من ألفاظ العدد التي من شأنها تساعدهم في تعلم اللغة العربية عامة وتعلم العدد خاصة إذا وظفت تلك الألفاظ توظيفا صحيحا.
2-   يحتوي القرآن الكريم على التعبيرات العددية و ألفاظ العدد كافية ويمكن استفادتها في التدريبات والأمثلة لتدريس العدد على أنماطه المختلفة.
3-   تدريس العدد من خلال القرآن الكريم أسهل طريقة لفهم أحكام العدد بالنسبة للناطقين بغير العربية القادرين في قراءة القرآن قراءة صحيحة وسليمة.
4-   تدريس اللغة العربية من خلال القرآن الكريم يعتبر واحد من الوسائل الفعالة لفهم معاني القرآن الكريم فهما صحيحا وسليما.






ب‌.  التوصيات
1.   على معلمي اللغة العربية للناطقين بغيرها أن يعرّف علم النحو للمتعلمين كجزء من قواعد اللغة العربية.
2.   على معلمي اللغة العربية للناطقين بغيرها أن يعلّم العدد وأنماطه المتنوعة لأنه من أهم المواد لفهم معاني القرآن الكريم.
3.   على معلمي اللغة العربية للناطقين بغيرها أن يدرّس العدد وأحكامه بتكثيف الأمثلة والتدريبات النحوية.
4.   على متعلمي اللغة العربية الناطقين بغير أن يستفيدوا القرآن الكريم كوسيلة من وسائل تدريس العدد وأحكامه حتى يسهل المتعلمين في تعلّمه.





KESIMPULAN DAN SARAN

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang menyempurnakan segala amal baik, sholawat dan salam tercurah kepada Nabi dan utusan termulia, Nabi Muhammad SAW. Juga pada keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga hari akhir.

A.   Kesimpulan
Setelah penulis melakukan penelitian mengenai ‘Adad (Bilangan) Dan Hukum – Hukumnya , penulis sampai pada beberapa kesimpulan, yaitu :
1.      Para pembaca Al-Qur’an Al-Kariim dari penutur Non Arab akan mudah dalam mempelajari bahasa Arab dibandingkan  dengan yang tidak membaca Al-Qur’an Al – Kariim, karena mereka sudah terbiasa dengan ungkapan – ungkapan dalam Al-Qur’an Al-Kariim, khususnya yang mengandung lafadz – lafadz Adad (Bilangan). Hal ini sangat membantu mereka dalam mempelajari bahasa Arab secara umum dan pembahasan Adad (Bilangan) khususnya jika mereka mengaplikasikan lafadz – lafadz tersebut dengan benar.
2.      Al- Qur’an Al Kariim mengandung banyak ungkapan dan lafadz – lafadz Adad (Bilangan) yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan latihan dan contoh – contoh dalam mengajarkan materi Adad (Bilangan) beserta pola – polanya yang beragam.
3.      Mengajarkan Adad (Bilangan) dengan menggunakan contoh dari Al-Qur’an Al-Kariim merupakan metode termudah bagi pembelajar bahasa Arab dari penutur asing yang mampu membaca Al-Qur’an Al-Kariim dengan bacaan yang baik dan benar.
4.      Pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan Al-Qur’an Al-Kariim merupakan salah satu media yang efektif agar memahami makna Al-Qur’an Al-Kariim secara baik dan benar.









B. Saran
1.      Para pengajar bahasa Arab bagi penutur Non Arab disarankan untuk mengenalkan Ilmu Nahwu sebagai bagian dari gramatikal bahasa Arab.
2.      Para pengajar bahasa Arab bagi penutur Non Arab disarankan untuk mengajarkan Adad (Bilangan) dan hukum – hukumnya, karena materi tersebut penting untuk memahami makna Al-Qur’an Al-Kariim.
3.      Para pengajar bahasa Arab bagi penutur Non Arab disarankan untuk mengajarkan Adad (Bilangan) dan hukum  - hukumnya dengan memperbanyak contoh dan latihan – latihan nahwu.
4.      Para pengajar bahasa Arab bagi penutur Non Arab disarankan untuk menggunakan Al-Qur’an Al-Kariim sebagai media pembelajaran materi Adad (Bilangan) dan hukum – hukumnya, sehingga memudahkan para pembelajar dalam mempelajarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar