
جمهورية
السودان
جامعة
القرآن الكريم والعلوم الإسلامية
كلية اللغة العربية
قسم:
عام
بحث تكميلي
مقدم لنيل درجة البكلاريوس
عنوان البحث:
العدد وأحكامه
إعداد
الطالب: إشراف:
محمد الإندونيسي أ. د. خوجلي
بشير محمد
أمدرمان،
1437 هــ - 2016 م
![]() |
REPUBLIK SUDAN
UNIVERSITAS ALQUR’AN ALKARIIM DAN
ILMU KEISLAMAN
ILMU KEISLAMAN
FAKULTAS BAHASA ARAB
‘ADAD
(BILANGAN) DAN
HUKUM - HUKUMNYA
HUKUM - HUKUMNYA
Skripsi Diajukan
Untuk Memperoleh Gelar Bachelor
Disusun Oleh:
Muhammad
Pembimbing:
Prof.Dr.Chaujali Basheer Mohammed
Omdurman
2016 M / 1437H
مستخلص
البحث
جاء
هذا البحث تحت عنوان "العدد وأحكامه"، ولقد اختار الباحث هذا العنوان لأنه
يعتبر واحد من الأبواب المهمة في الدراسة النحوية. ولاحظ الباحث ضرورة مثل هذه
الدراسة النحوية بالنسبة للمتعلمين الأجانب الذين يقرؤون القرآن الكريم قراءة
صحيحة لكنهم يشعرون بالصعوبة الكامنة في فهم معاني آياته خاصة الآيات التي تتضمن
فيها العدد. وذالك لقلة فهمهم للعدد وأقسامه
المتعددة.
يتكون
هذا البحث من أربعة فصول، واتبع الباحث المنهج الوصفي. ومن أهم النتائج التي توصل
إليها الباحث، هي:
1.
يتميز قارئو
القرآن الكريم الناطقون بغير العربية عن غيرهم عند تعلمهم اللغة العربية حيث أنهم
قد تعودوا وتحسنوا في قراءة كثير من التعبيرات القرآنية ولاسيما من ألفاظ العدد
التي من شأنها تساعدهم في تعلم اللغة العربية عامة وتعلم العدد خاصة إذا وظفت تلك
الألفاظ توظيفا صحيحا.
2.
يحتوي القرآن
الكريم على التعبيرات العددية و ألفاظ العدد كافية ويمكن استفادتها في التدريبات
والأمثلة لتدريس العدد على أنماطه المختلفة.
3.
تدريس العدد من
خلال القرآن الكريم أسهل طريقة لفهم أحكام العدد بالنسبة للناطقين بغير العربية
القادرين في قراءة القرآن قراءة صحيحة وسليمة.
4.
تدريس اللغة
العربية من خلال القرآن الكريم يعتبر واحد من الوسائل الفعالة لفهم معاني القرآن
الكريم فهما صحيحا وسليما.
ABSTRAK
Skripsi ini berjudul “ ‘Adad (Bilangan) Dan
Hukum – Hukumnya” , penulis memilih judul ini karena ‘Adad (Bilangan)
merupakan salah satu pembahasan penting dalam kajian Nahwu (sintaksis). Penulis
juga menilai bahwa pembahasan ini memiliki urgensi penting bagi pembelajar
bahasa Arab dari Penutur Asing yang membaca Al-Qur’an Al-Kariim dengan bacaan
yang benar namun mereka merasa kesulitan untuk memahami makna – makna ayat,
khususnya ayat – ayat yang mengandung unsur ‘Adad (Bilangan). Hal
ini disebabkan oleh minimnya pemahaman para pembelajar tersebut terhadap
pembahasan ‘Adad (Bilangan) beserta pembagiannya yang
beragam.
Skripsi ini terdiri dari 4 (empat) bab. Penulis
menggunakan pendekatan deskriptif.
Beberapa kesimpulan yang didapat oleh penulis
adalah sebagai berikut:
1.
Para pembaca Al-Qur’an Al-Kariim dari penutur
Non Arab akan mudah dalam mempelajari bahasa Arab dibandingkan dengan yang tidak membaca Al-Qur’an Al –
Kariim, karena mereka sudah terbiasa dengan ungkapan – ungkapan dalam Al-Qur’an
Al-Kariim, khususnya yang mengandung lafadz – lafadz ‘Adad (Bilangan).
Hal ini sangat membantu mereka dalam mempelajari bahasa Arab secara umum dan
pembahasan ‘Adad (Bilangan) khususnya jika mereka
mengaplikasikan lafadz – lafadz tersebut dengan benar.
2.
Al- Qur’an Al Kariim mengandung banyak ungkapan
dan lafadz – lafadz ‘Adad (Bilangan) yang dapat
dimanfaatkan sebagai bahan latihan dan contoh – contoh dalam mengajarkan materi
‘Adad (Bilangan) beserta pola – polanya yang beragam.
3.
Mengajarkan ‘Adad (Bilangan) dengan
menggunakan contoh dari Al-Qur’an Al-Kariim merupakan metode termudah bagi
pembelajar bahasa Arab dari penutur asing yang mampu membaca Al-Qur’an
Al-Kariim dengan bacaan yang baik dan benar.
4.
Pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan
Al-Qur’an Al-Kariim merupakan salah satu media yang efektif agar memahami makna
Al-Qur’an Al-Kariim secara baik dan benar.
الخاتمة
الحمد
لله الذي بنعمته تتم الصالحات والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان إلى
يوم الدين، وبعد.
أ. النتائج
ففي
نهاية المطاف يطيب للباحث أن يذكر أهم النتائج التي توصل إليها من خلال هذا البحث:
1-
يتميز
قارئون القرآن الناطقون بغير العربية عن غيرهم عند تعلمهم اللغة العربية حيث أنهم
قد تعودوا وتحسنوا في قراءة كثير من التعبيرات القرآنية ولاسيما من ألفاظ العدد
التي من شأنها تساعدهم في تعلم اللغة العربية عامة وتعلم العدد خاصة إذا وظفت تلك
الألفاظ توظيفا صحيحا.
2-
يحتوي
القرآن الكريم على التعبيرات العددية و ألفاظ العدد كافية ويمكن استفادتها في
التدريبات والأمثلة لتدريس العدد على أنماطه المختلفة.
3-
تدريس
العدد من خلال القرآن الكريم أسهل طريقة لفهم أحكام العدد بالنسبة للناطقين بغير
العربية القادرين في قراءة القرآن قراءة صحيحة وسليمة.
4-
تدريس
اللغة العربية من خلال القرآن الكريم يعتبر واحد من الوسائل الفعالة لفهم معاني
القرآن الكريم فهما صحيحا وسليما.
ب. التوصيات
1.
على
معلمي اللغة العربية للناطقين بغيرها أن يعرّف علم النحو للمتعلمين كجزء من قواعد
اللغة العربية.
2.
على
معلمي اللغة العربية للناطقين بغيرها أن يعلّم العدد وأنماطه المتنوعة لأنه من أهم
المواد لفهم معاني القرآن الكريم.
3.
على
معلمي اللغة العربية للناطقين بغيرها أن يدرّس العدد وأحكامه بتكثيف الأمثلة
والتدريبات النحوية.
4.
على
متعلمي اللغة العربية الناطقين بغير أن يستفيدوا القرآن الكريم كوسيلة من وسائل
تدريس العدد وأحكامه حتى يسهل المتعلمين في تعلّمه.
KESIMPULAN DAN
SARAN
Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah
SWT yang menyempurnakan segala amal baik, sholawat dan salam tercurah kepada
Nabi dan utusan termulia, Nabi Muhammad SAW. Juga pada keluarga, sahabat dan
para pengikutnya hingga hari akhir.
A. Kesimpulan
Setelah penulis melakukan penelitian mengenai ‘Adad
(Bilangan) Dan Hukum – Hukumnya , penulis sampai pada beberapa kesimpulan,
yaitu :
1.
Para pembaca Al-Qur’an Al-Kariim dari penutur
Non Arab akan mudah dalam mempelajari bahasa Arab dibandingkan dengan yang tidak membaca Al-Qur’an Al –
Kariim, karena mereka sudah terbiasa dengan ungkapan – ungkapan dalam Al-Qur’an
Al-Kariim, khususnya yang mengandung lafadz – lafadz ‘Adad (Bilangan).
Hal ini sangat membantu mereka dalam mempelajari bahasa Arab secara umum dan
pembahasan ‘Adad (Bilangan) khususnya jika mereka
mengaplikasikan lafadz – lafadz tersebut dengan benar.
2.
Al- Qur’an Al Kariim mengandung banyak ungkapan
dan lafadz – lafadz ‘Adad (Bilangan) yang dapat
dimanfaatkan sebagai bahan latihan dan contoh – contoh dalam mengajarkan materi
‘Adad (Bilangan) beserta pola – polanya yang beragam.
3.
Mengajarkan ‘Adad (Bilangan) dengan
menggunakan contoh dari Al-Qur’an Al-Kariim merupakan metode termudah bagi
pembelajar bahasa Arab dari penutur asing yang mampu membaca Al-Qur’an
Al-Kariim dengan bacaan yang baik dan benar.
4.
Pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan
Al-Qur’an Al-Kariim merupakan salah satu media yang efektif agar memahami makna
Al-Qur’an Al-Kariim secara baik dan benar.
B. Saran
1. Para pengajar bahasa Arab bagi penutur Non Arab disarankan untuk
mengenalkan Ilmu Nahwu sebagai bagian dari gramatikal bahasa Arab.
2. Para pengajar bahasa Arab bagi penutur Non Arab disarankan untuk
mengajarkan Adad (Bilangan) dan hukum – hukumnya, karena materi tersebut
penting untuk memahami makna Al-Qur’an Al-Kariim.
3. Para
pengajar bahasa Arab bagi penutur Non Arab disarankan untuk mengajarkan Adad
(Bilangan) dan hukum - hukumnya
dengan memperbanyak contoh dan latihan – latihan nahwu.
4.
Para pengajar bahasa Arab bagi penutur Non Arab
disarankan untuk menggunakan Al-Qur’an Al-Kariim sebagai media pembelajaran
materi Adad (Bilangan) dan hukum – hukumnya, sehingga memudahkan
para pembelajar dalam mempelajarinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar